KEJAKSAAN Negeri Indramayu menggelar deklarasi pencanangan Zona Integritas menuju wilayah bebas korupsi (WBK)/wilayah birokrasi bersih dan melayani (WBBM), Kamis (10/1/2019). Cipyadi/KC Online

INDRAMAYU, (KC Online).-

Komitmen Kejaksaan Negeri Indramayu dalam mewujudkan wilayah bebas dari korupsi (WBK) atau wilayah birokrasi bersih dan melayani (WBBM) dideklarasikan dalam pencanangan zona integritas yang berlangsung di Kantor Kejari Indramayu, Kamis (10/1/2019).

Selain mengucapkan komitmen bersama, para jaksa dan pegawai Kejaksaan Negeri Indramayu juga menandatangani naskah komitmen tersebut. Ini dilakukan sebagai upaya konkret dalam percepatan pelaksanaan reformasi birokrasi dalam rangka pencegahan korupsi dan meningkatkan pelayanan publik.

Kepala Kejaksaan Negeri Indramayu Abdillah menegaskan aparatur kejaksaan dituntut untuk melakukan pembenahan fundamental dan senantiasa meningkatkan kompetensinya. Korps Adhyaksa juga dituntut untuk berani melakukan tindakan atau terobosan yang belum pernah terpikirkan sebelumnya di luar kebiasaan rutin dalam melaksanakan tugas sehari-hari.

“Saya mengajak seluruh keluarga besar Kejaksaan Negeri Indramayu untuk bersama-sama menyatukan tekad dan melaksanakan komitmen mewujudkan WBK dan WBBM di satuan kerja masing-masing,” ungkapnya.

Ia mengatakan zona integritas memiliki enam komponen keberhasilan, diantaranya pelaksanaan manajemen perubahan guna mewujudkan kinerja yang lebih baik dan menghilangkan budaya koruptif. Komponen kedua yakni pelaksanaan tata laksana kinerja yang sesuai dengan standar operasional atau SOP.

Selanjutnya penataan sistem manajemen sumber daya manusia (SDM) menjadi komponen ketiga komponen tersebut. Zona Integritas juga mengharuskan adanya penguatan akuntabilitas, kemudian penguatan pengawasan, serta peningkatan pelayanan publik.

“Jangan kita mengharapkan perubahan tanpa dimulai dari diri sendiri dan dimulai saat ini,” imbuhnya.

Kajari meyakini dengan komitmen yang tinggi, tekad dan semangat, serta keihkhlasan bekerja yang tidak mudah tergoda oleh kenikmatan sesaat, niscaya kejaksaan dapat berada di barisan terdepan dalam penegakan hukum yang bersih dan berwibawa. Sehingga dengan sendirinya citra dan kredibilitas kejaksaan secara keseluruhan akan tetap terjaga.

Selain para jaksa dan pegawai di lingkungan Kejaksaan Negeri Indramayu yang melakukan penandatanganan komitmen mewujudkan zona integritas wilayah bebas dari korupsi, serta wilayah birokrasi bersih dan melayani, Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) beserta akademisi, organisasi kemasyarakatan, jurnalis dan berbagai elemen lainnya juga turut membubuhkan tanda tangan sebagai wujud dukungan terhadap Kejaksaan Negeri Indramayu. (Cipyadi/KC Online)