KAJARI Kajari Kuningan, Adhyaksa Darma Yuliano, dan Dekan Fakultas Hukum Uniku, Haris Budiman, menandatangani MoU kerjasama kemitraan, disaksikan Rektor Uniku, H. Dikdik Harjadi, Rabu (23/1/2019). Erix/KC Online

KUNINGAN, (KC Online).-

Pembangunan zona integritas di suatu wilayah membutuhkan sinergi berbagai pemangku kepentingan (stakeholder). Karena zona integritas dan kesadaran hukum menjadi tanggung jawab bersama.

Kepala Kejaksaan Negeri (Kejari) Kuningan, Adhyaksa Darma Yuliano, mengungkapkan, dalam pembangunan zona integritas di Kabupaten Kuningan, pihaknya menggandeng Universitas Kuningan (Uniku) sebagai mitra strategis. Karena saat praktisi dan akademisi di bidang hukum menjalin kemitraan akan menghasilkan sinergi yang bagus.

“MoU ini menjadi nilai tambah, kami bisa bersinergi dengan Uniku untuk membangun zona integritas di Kabupaten Kuningan. Kami juga terbuka menerima saran dari masyarakat agar Kejaksaan bisa lebih baik,” katanya.

Dia pun berharap, melalui kerja sama ini upaya penegakan dan penerangan hukum bisa dilakukan dengan keterlibatan Uniku. “Program-program penegakan dan penerangan hukum dari Uniku bisa kita maksimalkan, dan pada ujungnya ingin mencerdaskan dan membangun hukum di Kabupaten Kuningan menjadi lebih baik,” katanya.

Kemudian dalam upaya membantu penegakan hukum yang dilakukan Kejari, Uniku bisa menyiapkan tenaga-tenaga ahli di kalangan akademisi. Sehingga penegakan hukum yang dilakukan bermanfaat untuk masyarakat Kabupaten Kuningan.

“Perjanjian ini akan ditindaklanjuti dengan program-program kegiatan konkrit termasuk kegiatan pengabdian masyarakat dalam bentuk penyuluhan hukum,” ujarnya.

Kokohkan eksistensi

Rektor Uniku, H. Dikdik Harjadi, mengemukakan, kerja sama dengan Kejari Kuningan ini akan memperkokoh eksistensi dan peran Fakultas Hukum Uniku. Sekaligus memberi ruang yang bagus bagi para akademisi Uniku untuk mengambil peran dalam penguatan zona integritas di Kabupaten Kuningan. Terlebih lagi Fakultas Hukum Uniku memiliki Pusat Konsultasi dan Bantuan Hukum (PKBH) yang telah terakreditasi oleh Kementerian Hukum dan HAM RI.

“Membangun zona integritas dan kesadaran hukum menjadi tanggung jawab bersama. Saya berharap para akademisi di Fakultas Hukum Uniku mengambil kesempatan baik ini dengan mengoptimalkan seluruh potensi kepakarannya dalam upaya pembangunan bidang hukum khususnya di Kabupaten Kuningan. Rekan-rekan di Fakultas Hukum bisa mengoptimalkan keberadaan PKBH,” katanya.

Selain itu lanjutnya, para mahasiswa Fakultas Hukum bisa dilibatkan dalam kegiatan magang di Kejari sehingga ilmu yang didapat saat kuliah bisa diterapkan di dunia hukum.

“MoU ini akan ditindaklanjuti dengan berbagai program pembangunan hukum di wilayah. Mahasiswa pun bisa dilibatkan dalam aktifitas magang di Kejari,” ujarnya.(Erix/KC Online)