CIREBON,(KC Online).-

KPU RI telah menetapkan lima komisioner Kabupaten Cirebon periode 2019-2024. Dua dari lima komisioner yang ditetapkan merupakan petahana, yaitu Sopidi dan Husnul Khotimah, sementara tiga lainnya adalah Apendi, Abdullah Syafi’i dan Ujang Kusumah Atmaja.

Sebelum lima komisioner KPU Kabupaten Cirebon ini ditetapkan oleh KPU RI, 10 nama telah dikirimkan oleh panitia seleksi daerah.

“Sebelum lima terpilih, kita sebelumnya sudah kirimkan 10 nama ke KPU RI. Tugas kita hanya sampai 10 nama saja, sementara lima besar yang menentukan adalah dari KPU RI. Lima nama ini ktkusr berdasarkan ranking,” ujar Anggota Pansel Daerah, Ilman Nafi’a, Senin (21/1/2019).

Menurutnya, secara umum persyaratan masuk lima besar berdasarkan seleksi mulai kemampuan dasar, pengetahuan, dan lulus administrasi.

“Panjang persyaratannya, lima yang terpilih itu yang mampu memenuhi,” tukasnya.

Soal pelantikan pun, menurutnya, yang menentukan adalah KPU RI.

“Saya belum tahu kapan pelaksanaan pelantikan, yang menentukan adalah KPU RI. Namun untuk ketua KPU daerah, yang menentukannya saya belum tahu, kalau dulu adalah berdasarkan musyawarah di antara para komisioner, untuk saat ini saya belum tahu apakah ditentukan KPU RI juga atau KPU Provinsi Jawa Barat,” ungkapnya.

Sementara itu, Komisioner KPU yang kini terpilih kembali, Sopidi, mengatakan, proses pengumuman komisioner yang lolos seleksi terbilang cepat.

“Ini agak cepat pengumumannya, biasanya jelang akhir masa jabatan komisioner sebelumnya,” ungkapnya.

Menurutnya, masa jabatan komisioner sebelumnya akan berakhir pada 17 Maret mendatang. Pelantikan pun biasanya akan digelar beberapa hari sebelum masa akhir jabatan tersebut.

“Setelah pelantikan, baru di antara para komisioner ini nanti yang menentukan siapa ketuanya. Kami belum tahu siapa ketua di antara kami, lihat saja nanti,” katanya. (Fanny)