CIREBON,(KC Online).-

Pada 2020 mendatang, sekitar 5 ribu guru akan memasuki masa pensiun. Hal ini menjadi persoalan, sebab saat ini saja jumlah guru di sejumlah sekolah kurang, apalagi jika ditambah ribuan guru yang pensiun.

Kepala Bidang Pengadaan Pemberhentian dan Informasi BKPSDM Kabupaten Cirebon Novi Hendriarto mengatakan, kemungkinan ribuan guru yang masuk masa pensiun tersebut akan diganti oleh PNS yang masuk kategori Perekrutan Pegawai dengan Perjanjian Kerja (P3K).

“Secara resmi, perekrutan CPNS di 2019 belum ada informasi kembali, selain itu sebelum masuk perekrutan pun harus ada tahapan yang kita lalui, jadi solusinya adalah P3K,” kata Novi, Selasa (8/1/2018).

Menurutnya, pegawai yang mengikuti P3K nantinya bisa masuk mengisi jabatan fungsional, seperti guru.

“2020 itu guru yang pensiun banyak sekali. Ribuan guru yang pensiun tersebut merupakan guru inpres yang dulu diangkat pada tahun 2000 an. Jadi, kalaupun tahun ini ada rekrutmen pegawai melalui sistem P3K ya itu diharapkan bisa mengisi kekosongan guru,” ungkapnya.

Sementara itu, untuk perekrutan CPNS di tahun ini, daerah masih tunggu kebijakan pemerintah pusat.

“Kita tunggu misalnya surat edaran dari Kemenpan RB, tahapan lainnnya adalah kita mengusulkan kekosongan suatu jabatan, kemudian kita input di sistem aplikasi yang telah dibuat Kemenpan RB. Kita harus lihat dulu mana jabatan yang kosong, kondisi eksisting nya berapa, dan lain sebagainya. Kalau sudah terpenuhi, baru diusulkan,” ungkapnya. (Fanny)