CIREBON,(KC Online).-

Bandara Kertajati kembali menambah rute penerbangan baru dari Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) Kertajati, Kabupaten Majalengka dengan rute menuju Balikpapan, Bandara Halim Perdanakusuma Jakarta, dan Yogyakarta.

Pemberangkatan ketiga rute baru ini mulai dilakukan Lion Air Group dalam setiap harinya, mulai Jumat dan Sabtu mendatang, (11-12/01/2019).

Senior Sales Manager Lion Air, Mochamad Helmi mengatakan, penerbangan ketiga rute baru ini dilakukan, karena pihaknya menilai keberadaan Bandara Kertajati saat ini merupakan wilayah pendistribusian arus transportasi masyarakat dari dalam wilayah, ke luar Cirebon.

“Terutama dari wilayah Jawa Barat maupun Jawa Tengah pendistribusian arus transportasi akan terjadi di Bandara Kertajati ini. Sehingga, ini juga menjadi potensi besar bagi kita untuk dapat membuka tiga layanan penerbangan baru,” ujar  Mochamad Halim kepada sejumlah awak media di CSB Mall Cirebon, Sabtu (5/1/2018).

Penerbangan dengan rute khusus tujuan Balikpapan, lanjut Mochamad, itu dilakukan untuk mengakomodir penerbangan para perantau. Sebab, katanya, hampir sebagian warga yang menetap di Balikpapan ini, merupakan warga Jawa Barat, termasuk dari wilayah Cirebon.

Menurutnya, penerbangan rute yang baru menuju Balikpapan ini juga diharapkan bisa menjadi perintisan penerbangan antar kota yang berada di Kalimantan dengan Bandara Kertajati.

Sedangkan, untuk penerbangan menuju rute Bandara Halim Perdanakusuma, katanya, lebih erat kaitan dengan penghubung antar-sentra ibu kota Jakarta dengan wilayah Jawa Barat, yang diyakini akan lebih dekat bila menggunakan penerbangan dari Bandara Kertajati Majalengka.

“Sedangkan dengan akan dibukanya rute penerbangan ke Yogyakarta ini menyangkut pengembangan dan tujuan destnasi wisatawan diantara kedua wilayah baik Yogyakarta maupun wilayah Cirebon,” katanya.(Epih)