SEJUMLAH mahasiswa Uniku mengikuti kuliah umum yang disampaikan Arifin berpengalaman pendidikan di negara maju Finlandia, berlangsung di Gedung Student Centre Iman Hidayat Kampus I Uniku, belum lama ini. Emsul/KC Online

KUNINGAN, (KC Online).-

Dosen Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Kuningan (Uniku) Slamet Arifin, yang sempat mengikuti program “Short Course” dari Kemenristekdikti di Finlandia menyampaikan pengalamannya di hadapan sejumlah mahasiswanya, di Gedung Student Center Iman Hidayat Kampus I Uniku belum lama ini.

“Acara yang dibuat seperti kuliah umum itu, merupakan follow up dari terpilihnya salah satu dosen PGSD FKIP Uniku mengikuti program “Short Course” di Finlandia pada November- Desember 2018,” kata Heru Purnomo, salah seorang dosen PGSD FKIP Uniku yang mengikuti acara kuliah umum itu.

Dia menyebutkan, Slamet Arifin membagikan pengalaman dan fakta-fakta yang diperoleh saat mengikuti kegiatan short course di Finlandia. Salah satunya mengenai pentingnya “play-based learning” yang menjadi komponen dalam setiap pembelajaran di sekolah.

“Tidak benar bahwa guru tidak memberikan PR di Finlandia, mereka masih memberikan PR sebagai kegiatan siswa di rumah,” katanya.

Menurut Heru, kuliah umum yang diikuti 300 mahasiswa tersebut, sangat positif karena bisa digunakan sebagai wahana untuk menambah wawasan dan pengetahuan, khususnya bagi mahasiswa yang merupakan calon guru SD.

Karena mereka dapat memperoleh gambaran secara langsung dari orang yang pernah berkunjung ke negara dengan kualitas pendidikan yang sangat bagus.

“Kegiatan tersebut diharapkan dapat menambah wawasan dan pengetahuan mahasiswa sebagai calon guru SD yang memiliki kualitas dan kemampuan profesional. Di Finlandia, peluang beasiswa terbuka lebar bagi mahasiswa untuk melanjutkan studi master, bahkan sampai PhD. Pendidikan gratis sampai dengan PhD juga berlaku bagi para pendatang,” tuturnya.

Dalam kegiatan tersebut, dihadiri Wakil Dekan II FKIP Uniku Haruji Satianugraha, Ketua Program Studi (Prodi) PGSD Arrofa Acesta, dosen dan staf tenaga kependidikan Prodi PGSD dan tamu undangan lainnya. (Emsul/KC Online)