Jaenudin.* Ist/KC Online

CIREBON, (KC Online).-

Pemerintah Desa Kudukeras, Kecamatan Babakan, Kabupaten Cirebon, akan memperbaiki saluran irigasi dan jalan usaha tani.

Penjabat Kuwu Desa Kudukeras, H Rosidin melalui Sekretaris Desa, Jaenudin mengatakan, mayoritas masyarakat desa ini petani jagung dan padi. Maka, 2019 infrastruktur pertanian berupa perbaikan saluran irigasi dan jalan usaha tani menjadi prioritas. “Untuk jalan usaha tani dan saluran irigasi yang akan diperbaiki sekitar 400 meter,” kata Jaenudin, Senin (7/1/2019).

Pria yang biasa dipanggil Udin ini menjelaskan, pengairan yang kurang maksimal berdampak pada minimnya hasil panen. Bahkan, ada yang gagal panen dan tanah desa tak ada yang menyewa. Sehingga, pihak desa menganggarkan untuk perbaiki kedua sarana tersebut. “Setelah dilakukan Musyawarah Desa (Musdes) beberapa waktu lalu, kami sepakat untuk memperbaiki sarana pertanian pada tahun ini,” jelasnya.

Dirinya mengharapkan, dengan diperbaikinya saluran dan jalan usaha tani, petani menghasilkan panen melimpah dan tanah desa ada yang menyewa. “Sekitar limabl hektare tanah desa belum ada yang menyewa, karena sulitnya mengairi sawah. Maka dengan diperbaiki saluran irigasi dan saluran irigasi, dapat meminimalisasi kerugian para petani. Akibat gagal panen,” papar Udin.(C-12)