SALAH seorang warga saat berada di depan Gedung Pasar Sumber, Selasa (8/1/2019).* Ismail/KC Online

CIREBON, (KC Online).-

Gedung Pasar Sumber yang sudah selesai pembangunannya, tetapi sampai sekarang masih belum jelas kapan akan ditempati. Padahal, pembangunan sudah rampung sejak November 2018 lalu.

Hal itu membuat sejumlah pedagang Pasar Sumber mempertanyakannya. Seperti diungkapkan pedagang pasar setempat, Nawawi. Menurut dia, sampai saat ini dirinya belum mengetahui secara pasti kapan bangunan Pasar Sumber itu akan ditempati.

Padahal kata dia, pedagang Pasar Sumber yang sekarang ada di pasar darurat sudah sangat berharap menempati bangunan baru itu. “Saya sampai sekarang belum tahu pasti kapan pindah ke tempat Pasar Sumber yang sudah dibangun itu,” kata Nawawi kepada KC, Selasa (8/1/2019).

Meski demikian ia mengaku, sebelumnya sempat mendapatkan informasi bangunan revitalisasi Pasar Sumber itu akan ditempat oleh para pedagang pada awal tahun ini. Namun, meski sekarang sudah masuk Januari belum mendapatkan kejelasan dari pihak terkait.

“Katanya sih awal tahun tapi ini kan sudah masuk bulan Januari. Nyatanya kami belum mendapat informasi jelasnya. Harapan kami sih ya bisa segera pindah, menempati bangunan pasar baru itu,” ujar Nawawi.

Jika mengacu pada data pedagang lama, yang bisa menempati bangunan Pasar Sumber itu kurang lebih 500 pedagang saja. Artinya, masih ada ratusan pedagang yang belum bisa diakomodir, karena saat pedagang pindah ke pasar darurat, jumlah pedagang bertambah banyak.

Pemerintah Kabupaten Cirebon sendiri, hingga saat ini kabarnya masih terus mencari solusi bagi pedagang yang tidak tertampung tersebut. Sehingga, bangunan revitalisasi Pasar Sumber sampai sekarang belum bisa ditempati.

Saat dikonfirmasi, Kepala Dinas Perdagangan dan Perindustrian (Disdagin) Kabupaten Cirebon, Deni Agustin mengaku, secara keseluruhan Pasar Sumber sudah siap ditempati, tetapi masih ada hal yang harus dikoordinasikan terlebih dahulu sebelum pedagang pindah dari pasar darurat.

“Intinya kami ingin secepatnya bisa ditempati pedagang, saat ini kami masih komunikasi terkait persiapan penempatan pedagang,” kata Deni.

Bahkan, aku dia, belum lama ini pun pihaknya melakukan pertemuan dengan ikatan pedagang pasar setempat. Tetapi, masih ada hal yang harus disiapkan terlebih dahulu.

“Pembangunan pasar ini sudah maksimal, dan itu diperuntukan bagi pedagang yang dulu menempati pasar. Itu fokus kami, namun kenyataan di lapangan kan ada penambahan pedagang di pasar darurat,” katanya.

Artinya, lanjut dia, sampai sekarang pihaknya masih belum bisa memastikan kapan gedung Pasar Sumber itu bisa ditempati, karena pembahasan yang dilakukan Disdagin Kabupaten Cirebon dengan para pedagang masih belum matang. “Nanti kalau sudah matang kami sampaikan. Intinya kami ingin secepatnya,” ujar Deni. (C-15)