KOMISIONER KPU Kota Cirebon melakukan pengecekan kotak suara dan bilik suara yang akan digunakan dalam Pemilu serentak yang tersimpan di salah satu gudang di Kecamatan Lemahwungkuk Kota Cirebon, Kamis (3/1/2019).* Josa/KC Online

CIREBON, (KC Online).-

KPU Kota Cirebon mengkalim bahwa logistik untuk keperluan Pemilu 2019 di Kota Cirebon sudah siap 99 persen. Hal tersebut disampaikan langsung Ketua KPU Kota Cirebon, Didi Nursidi saat melakukan pengecekan bilik dan kotak suara kardus di gudang penyimpanan di daerah Pronggol, Kecamatan Lemahwungkuk, Kamis (3/1/2019).

“Walaupun belum maksimal 100 persen, tapi kami sudah bisa katakan 99 persen sudah siap. Tinggal kami laksanakan mekanismenya saja berdasarkan aturan jelang hari H mendatang,” ujarnya.

Didi menyebutkan, kesiapan tersebut memang bukan tanpa alasan, lantaran untuk 0,1 persen hanya karena penambahan TPS (Tempat Pemungutan Suara), yang semula jumlah TPS-nya 969 menjadi 979 TPS. Sementara untuk logistik di luar dari kotak dan bilik suara, disimpan digudang KPU Kota Cirebon, seperti sampul-sampul dan alat kelengkapan lainnya.

Didi menjelaskan, untuk mengantisipasi terjadinya kerusakan kotak dan bilik suara karena rayap maka dilakukan strategi persiapan dan penangkalnya. Seperti pada dua sisi ruang penyimpangan dengan antisipasi penetapan gudang sebagai tempat untuk penyimpanan.

Selain itu, pemberian celah dan penggunaan alat semprot serangga agar hal yang tidak diinginkan tidak terjadi. “Bahkan saat awal peninjauan oleh Wakabiro Logistik KPU RI, gudang ini telah memenuhi sayarat. Dari sisi gudang dan dari sisi kondisioningnya seperti soal kelembaban bisa dipenuhi sehingga dikatakan aman untuk kesiapan penyimpanan logistik,” jelasnya.

Maka dari itu, tambah Didi, terkait dengan perlakukan untuk mengantisipasi terkait kemungkinan hama, sudah dilakukan penyemprotan dan pemasangan palet. Selain itu, untuk aspek keamanan eksternal dan internal maka dijaga oleh security dan juga pihak kepolisan yang menjaga di gudang penyimpanan.

Didi menambahkan, untuk perangkaian kotak dan bilik suara akan disiapkan terlebih dahulu tempat, karena gudang penyimpanan di Kantor KPU masih tersimpan logistik sebelumnya.

“Bila logistik sebelumnya sudah tidak ada, secepatanya logistik yang ada di gudang penyimpanan akan digeser ke Kantor KPU Kota Cirebon dan dimulai perangkaian,” katanya.

Secara waktu untuk dilakukan perangkaian akan dimulai sekitar pertengahan Februari 2019. “Mudah-mudahan lelang logistik sebelumnya sudah selesai,” imbuhnya.(C-10)