MANAJER Marcomm Pikiran Rakyat Herman Yamashita (tengah) didampingi Pemimpin Redaksi PR TV Imam Jahrudin Priyanto (kanan) menjelaskan latar belakang dibentuknya PR TV saat siaran langsung dari depan Kantor Pikiran Rakyat, Jalan Asia Afrika, Kota Bandung, Sabtu 19 Januari 2019.*/HARRY SURJANA/PR (KC Online)

BANDUNG, (KC Online).-

Sebagai bagian dari persiapan tayang permanen, PR TV untuk pertama kalinya menggelar siaran percobaan berupa siaran langsung dari halaman kantor Pikiran Rakyat, Jalan Asia Afrika Nomor 77, Kota Bandung, Sabtu 19 Januari 2019 pukul 17.00 sampai 20.00.

Siaran langsung itu menampilkan berbagai komunitas di Kota Bandung, serta tarian dan gelar wicara.

Dalam siaran ini juga ditampilkan Kepala Bidang Pembinaan Pemuda pada Dinas Pemuda dan Olah Raga Kota Bandung Sony Teguh Prasatya. Gelar wicara ini dipandu Gugum dari komunitas film.

Sony mengemukakan, kehadiran PR TV sangat bermanfaat bagi masyarakat Indonesia, terutama warga Jawa Barat.

”Pembinaan kepemudaan di Kota Bandung menjadi sangat terdukung dengan hadirnya PR TV ini. Berada dalam naungan nama besar Pikiran Rakyat, semoga PR TV cepat berkembang sehingga bermanfaat bagi masyarakat luas. Kegiatan positif para pemuda juga bisa difasilitasi,” ujar Sony.

Menurut Sony, negara ini didirikan oleh para pejuang dengan susah payah, dan para pejuang pun menekankan pentingnya pembinaan pemuda sebagai calon pemimpin bangsa. Lebih dari itu, pembinaan generasi muda pun merupakan perintah agama.

”Saya membina para pemuda bukan hanya karena tugas, tetapi karena merupakan perintah agama seperti tercantum dalam Alquran. Tugas itu semoga terdukung dengan hadirnya PR TV,” ujar Sony.

Sesuai moto Pikiran Rakyat

Gelar wicara kedua dilaksanakan sesudah salat Maghrib dengan menghadirkan narasumber Pemimpin Redaksi PR TV Imam Jahrudin Priyanto dan Chief Operating Officer PR TV Herman Yamashita.

”PR TV hadir untuk memberi manfaat bagi warga Jawa Barat. Ini sesuai dengan moto Pikiran Rakyat, yakni Dari Rakyat, Oleh Rakyat, dan Untuk Rakyat,” kata Herman Yamashita yang juga Manajer Marcomm Pikiran Rakyat.

Sementara Imam JP menegaskan, kehadiran PR TV ini melengkapi platform pemberitaan di lingkung­an Pikiran Rakyat, yakni PR cetak (HU Pikir­an Rakyat), radio (PR FM), dan PR Digital.

”Dengan hadirnya PR TV, kami berharap pelayanan berita bagi masyarakat menjadi lebih lengkap. Selain itu, de­ngan dukungan semua pihak, termasuk berbagai komunitas, semoga PR TV bisa cepat berkembang dan segera bisa diluncurkan secara resmi,” ujar Imam JP.

Saat digelarnya siaran percobaan itu, hadir Komi­saris Pikiran Rakyat dan PR TV Haris Darmawan serta Direktur PR TV Muhammad Oki.

Aspek teknis penyiaran berada dalam pantauan Handoyo. Seusai siaran percobaan ini, jajaran pimpinan PR TV langsung melakukan evaluasi atas masukan dari warga yang memantau acara tersebut. KC Online/PRLM