PEMBINA NPC Kabupaten Kuningan, Hj Ika Purnama (empat kiri), berfoto bersama dengan para atlet penyandang cacat pada Peparda (Pekan Paralimpik Daerah) ke-V tingkat Provinsi Jabar di Cibinong Bogor, belum lama ini. Emsul/KC Online

KUNINGAN, (KC Online).-

Prestasi atlet Kabupaten Kuningan di tingkat provinsi menunjukkan peningkatan berarti, dengan menduduki peringkat ke-8 pada Pekan Paralimpik Daerah (Peparda) V/2018 Jawa Barat (Jabar) di Kabupaten Bogor. Di even serupa sebelumnya kontingen Kabupaten Kuningan berada di posisi ke-12 dari 27 kabupaten/kota di Provinsi Jabar.

Ketua National Paralympic Committe (NPC) Kabupaten Kuningan, Agung Fajar, mengungkapkan, pada even yang mempertandingkan 12 cabang olahraga (cabor) tersebut, kontingen Kabupaten Kuningan dengan kekuatan 32 atlet mengikuti 7 cabor, yakni atletik, renang, angkat berat, catur, tenis meja, bulutangkis dan boling.

“Alhamdulillah berkat dukungan semua pihak, perjuangan para atlet di Peparda Jabar membuahkan hasil dengan berada di peringkat ke-8. Ini merupakan prestasi yang patut diapresiasi dan menjadi kebanggaan daerah,” katanya, Selasa (8/1/2019).

Agus menyebutkan, atlet yang memperkuat kontingen Kabupaten Kuningan terdiri dari para pelajar SLB Taruna Mandiri Sampora Cilimus, Dharma Wanita, SLB Luragung, SLB Pelita Insani, SLA Ancaran Perwari dan atlet dari kelompok masyarakat alumni SLB.

“Setelah kembali ke sekolah dan lingkungan masyarakat, atlet Peparda akan terus dibina dan bekerja sama dengan pengurus cabang yang ada. Sehingga ketika akan digelar Peparda atau kejuaraan lain tidak akan kesulitan mencari atlet.Termasuk upaya pembinaan untuk cabor yang belum diikuti, Seperti, panahan tradisional, tenis kursi roda, judo dan bola voli duduk bagi penyandang tuna daksa,” katanya.(Emsul/KC Online)