Waduk Darma. PRLM/KC Online

KUNINGAN, (KC Online).-

Rencana penataan Waduk Darma, di Kecamatan Darma, Kabupaten Kuningan menjadi danau wisata terbaik di Indonesia, diprediksi bakal meningkatkan nilai jual tanah milik penduduk sekitar waduk tersebut.

Terlebih bidang-bidang tanah terakses jalan mobil yang berbatasan langsung dengan sisi area genangan Waduk Darma.

Mantan Kepala Desa Jagara, Umar Hidayat mengungkapkan, harga pasaran tanah tepi jalan berbatasan dengan Waduk Darma di desanya dalam beberapa tahun belakangan ini pun, telah beberapa kali mengalami kenaikan cukup spektakuler.

Pemicunya antara lain karena adanya perkembangan pembangunan infrastruktur jalan disertai pengaruh isu dan rencana-rencana pembangunan berbau wisata.

“Baru ada seorang pembeli tanah dari kota terdengar masyarakat merencanakan tanah yang dibelinya mau dijadikan tempat wisata kecil-kecilan saja, langsung membuat harga pasaran tanah di sini melonjak luar biasa. Apalagi kalau kawasan wisata Waduk Darmanya sudah terwujud seperti direncanakan Pak Gubernur, nilai jual dan harga pasaran tanah pinggiran Waduk Darma, terutama di desa kami ini pasti semakin mahal,” katanya.

Menurut salah seorang tokoh masyarakat Desa Jagara, Sambas, harga pasaran tanah di pingiran Waduk Darma di Desa Jagara saat ini sudah menjangkau kisaran Rp 5 juta-Rp 8 juta per bata, dengan ukuran satu bata setara 14 meter persegi.

“Bidang-bidang tanah di pinggiran Waduk Darma di Jagara milik masyarakat sekarang juga banyak yang mau dijual, tetapi yaitu harganya mahal-mahal. Ada juga sih yang ditawarkan dengan harga per bata di bawah harga pasaran itu, tetapi luas bidang lahan yang akan dijualnya mencapai hektarean harus dibeli sekaligus,” katanya.

Seperti diketahui, kawasan Waduk Darma di Kabupaten Kuningan direncanakan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Barat (Jabar) akan dijadikan danau wisata terbaik di Indonesia. Hal itu dikemukakan Gubernur Jabar, Ridwan Kamil, di saat membuka kegiatan rutin tahunan even balap sepeda nasional berskala internasional Tour de Linggarjati IV tahun 2018, di lapangan sepak bola Desa Purwasari, Kecamatan Garawangi, Kabupaten Kuningan, pada Jumat (26/10/2018)

Pembangunan obyek wisata berbasis danau dalam kawasan waduk buatan itu, akan digarap mulai tahun anggaran 2019. Bahkan untuk itu Pemprov Jabar telah menyiapkan dana sebesar Rp 50 Miliar untuk dianggarkan dalam Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah Pemprov Jabar 2019.

Untuk mewujudkan rencana itu, pada hari itu Ridwan Kamil juga menyempatkan berkunjung ke Waduk Darma. Dalam kunjungannya dia menggelar acara tatap muka dan menyosialisasikan langsung rencana itu kepada Bupati Kuningan, camat serta para kepala desa seputar Waduk Darma.(PRLM/KC Online)