KETUA FHPTK Kabupaten Cirebon (ketiga kanan) didampingi perwakilan lainnya, foto bersama dengan pejabat Disdik Jawa Barat saat audiensi, mengenai honorer. KC Online.Doc

SUMBER, (KC Online).-

Kesejahteraan guru dan tenaga honorer di Kabupaten Cirebon belum juga terwujud. Forum Honorer Pendidik dan Tenaga Kependidikn (FHPTK) kembali mengambil langkah, dengan melakukan audiensi dengan Disdik Provinsi Jawa Barat.

Pihaknya mengimbau untuk secepatnya Disdik Jabar bisa mengirim preasure, ke Disdik di daerah agar fokus mengatasi belum sejahteranya honorer di daerah.

Data yang diterima KC Online menyebutkan rombongan sempat bertemu langsung dengan Sekda Jabar, Iwa Karniwa dan dilanjutkan menggelar audiensi bersama Kasubag Disdik Jabar Yadi Kusmayadi, pada Senin (11/2/2019).

Pembicaraan di awali Nina Kurnia Hikmawati, selaku akademisi dan pemerhati kesejahteraan honorer Kabupaten Cirebon mengenai tujuan rombongan honorer Kab. Cirebon.

Ketua Forum Honorer Pendidik dan Tenaga Kependidikan, Sholeh mengatakan, kedatangan rombongan sifatnya sharing perihal nasib honorer, di daerah khususnya di Kabupaten Cirebon. “Serta meminta arahan pihak pemprov dalam mengawal kesejahteraan honorer di daerah “ katanya Selasa (12/2/2019).

Sholeh menambahkan, status kesejahteraan masih belum berpihak pada honor. “Kita diminta segera menyampaikan kepada Kadisdik Kabupaten Cirebon, Pak Asdullah. Di samping dari Provinsi Jabar juga nanti akan menyampaikan,” katanya.

Selain itu, Kabupaten Cirebon juga diminta segera membuat/ memiliki perbup, untuk menjadi payung hukum bagi honorer.

Di samping itu, Forum juga diharapkan ada komunikasi dengan FKGH (Forum Komunikasi Guru Honorer Jawa Barat) Dalam kesempatan itu, Kasubag Disdik Jabar Yadi Kusmayadi menjelaskan, pengelolaan operasional sektor Pendidikan, ada pembagiaan wilayah SD-SMP-SMA/SMK dalam hal ini SD-SMP, pengelolaan masih di bawah operasional Kab/Kota.

Pemprov saat ini masih konsentrasi di jenjang SMA/SMK yang sampai saat ini juga masih banyak permasalahan.

Akademisi dan Pemerhati Kesejahteraan Honorer Kab. Cirebon, Nina Kurnia Hikmawati mengatakan, pihaknya meminta pihak pemprov baik kadisdik mewakili Gubernur Jawa Barat, untuk bisa mengingatkan bupati/kadisdik Cirebon dalam bentuk preasure untuk konsentrasi mengentaskan kesejahteraan honorer. C-17