Kepala Dinas Koperasi UKM, Perindustrian dan Perdagangan (Diskopindag) Kab. Indramayu, E. Trisna Hendarin, (Profil). Ratno/KC Online

E. Trisna Hendarin

UNTUK memajukan sebuah koperasi diperlukan sistem yang benar-benar sehat, baik di bidang usaha, organisasi maupun manajemen (UOM).

Karena, target utama koperasi adalah keuntungan bersama dengan tujuan mengangkat derajat ekonomi anggota.

Sehat usaha dapat digambarkan dengan bertambah pesat usaha koperasi yang dikelolahnya, sehingga tidak hanya melayani untuk kebutuhan anggota semata akan tetapi mampu juga melayani kebutuhan masyarakat.

Sehat organisasi, dapat diartikan sebagai mobilitas dan dedikasi para pengurus dan anggota yang dinamis serta kreatif dalam mewujudkan berbagai kegiatan pengorganisasian yang positif.

Sedangkan, sehat manajemen diartikan sebagai kepengurusan koperasi yang baik meliputi administrasi dan kepemimpinan.

“Koperasi sebagai usaha bersama, harus jeli dan mampu untuk membaca peluang usaha yang tumbuh dikalangan masyarakat,” ujar Kepala Dinas Koperasi UKM, Perindustrian dan Perdagangan (Diskopindag) Kab. Indramayu, E. Trisna Hendarin, kemarin.

Menurutnya, dari 1.200 jenis koperasi yang ada di Indramayu hanya sekitar 400 koperasi yang dinyatakan sehat yang setiap tahunnya melakukan kegiatan rapat anggota tahunan (RAT), salah satunya koperasi simpan pinjam (KSP) Mitra Jasa Kab.Indramayu yang setiap tahunnya selalu melakukan RAT.

Keberhasilan koperasi dalam mengembangkan usahanya agar senantiasa tetap ditingkatkan, sehingga keberadaannya tetap terjaga dengan baik. “KSP Mitra Jasa Indramayu, merupakan salah satu jenis koperasi yang dinyatakan sehat,” katanya.

Salah satu kuncinya, para anggota maupun calon aggota serta pengurus harus tetap bersatu untuk bersama-sama ikut mengembangkan. Kemajuan sebuah koperasi harus dibarengi dengan kemampuannya dalam memilhara hubungan terhadap para anggota maupun calon anggotanya, sebab anggota adalah pemilik dan pengguna jasa.

“Saya optimis, semua koperasi yang ada diwilayah Kab.Indramayu mampu menjaga baik hubungannya dengan anggota maupun calon anggotanya,” pungkasnya. (Ratno/KC Online)