KEPALA Seksi Madrasah Kantor Kementerian Agama Kabupaten Kuningan, H Rokhidin, difoto bersama seusai menyerahkan piala pada para juara Aksioma 2019 yang dimenangkan oleh KKM 3 Cigugur, belum lama ini. Emsul/KC Online

KUNINGAN, (KC Online)-

Kelompok Kerja Madrasah (KKM) 3 MTs Wilayah Cigugur menjadi juara umum Ajang Kompetisi Seni dan Olahraga (Aksioma) tingkat Kabupaten Kuningan, di lapangan olahraga MTs Negeri Cigugur. Prestasi itu diraih setelah berhasil mengungguli 11 KKM lainnya.

Juara umum Aksioma KKM 3 Cigugur itu melitupi MTs Negeri 3 Kuningan Kecamatan Cigugur, MTs Husnul Khotimah Kecamatan Jalaksana, MTs Cibentang Kecamatan Kramatmulya, MTs Pembangunan Kecamatan Mandirancan, MTs PUI Kecamatan Cilimus, MTs Arrhama dan MTs Pertiwi.

Pencapaian yang raih KKM 3 MTs Wilayah Cigugur yang terdiri dari MTsN 3 Kuningan Kecamatan Cigugur, MTs Husnul Khotimah Kecamatan Jalaksana, MTs Cibentang Kecamatan Kramatmulya, MTs Pembangunan Kecamatan Mandirancan, MTs PUI Kecamatan Cilimus, MTs Arrahma dan MTs Pertiwi ini bukan yang pertama. Mereka tidak sedikit menorehkan prestasi dari sejumlah lomba.

Bahkan sempat mewakili Jawa Barat di tingkat nasional dalam even yang diselenggarakan Kementerian Agama (Kemenag) RI.

Kemudian pada even yang diikuti 12 KKM dengan 63 MTs ini, sebagai juara dua dan tiga diraih KKM 7 MTs Kecamatan Jalaksana dan KKM 2 MTs Sindangsari Kecamatan Kuningan.
Selanjutnya, untuk peserta yang menjadi juara satu berkesempatan untuk mengikuti Aksioma tingkat Provinsi Jawa Barat yang akan berlangsung di Kota Bekasi, pada Selasa-Rabu (19-20/2/2019).

“Bagi peserta yang meraih medali emas hendaknya mempersiapkan diri untuk mengikuti even serupa tingkat provinsi. Karena mereka akan berhadapan dengan perwakilan dari masing-masing daerah di Jawa Barat dan diharapkan mampu meraih prestasi,” kata Kepala Seksi Madrasah Kantor Kemenag Kabupaten Kuningan, H Rokhidin, Sabtu (2/2/2019).

Ketua KKM MTs Kabupaten Kuningan, H Dadang Haerudin, menyebutkan, pada even tersebut seni yang dilombakan yakni MTQ, tahfidz, pidato bahasa arab, pidato bahasa Ingris, kaligrafi dan pop singer religi. Kemudian cabang olahraga yang dipertandingan lari 100 meter, bulutangkis, tenis meja dan bola voli.

“Kami berharap utusan dari Kabupaten Kuningan mampu bersaing dengan perwakilan dari kabupaten/kota lainnya yang ada di Jabar. Aksioma ini merupakan even bergengsi dalam upaya meningkatkan prestasi dari 10 cabang yang dilombakan,” katanya. (Emsul/KC Online)