PENGUNJUNG memadati areal parkir Toserba Kadipaten untuk menonton pertunjukan barongsai dalam rangka imlex, Selasa (5/2/2019). Tati/KC Online

MAJALENGKA,(KC Online).-

Warga di Majalengka rela berdesakan dan berpanas-panasan untuk menonton pertunjukan barongsai dalam perayaan Imlek yang digelar manajemen toserba ternama di daerah Kecamatan Kadipaten, Kabupaten Majalengka, Selasa (5/2/2019).

Mereka datang dari berbagai daerah di Kabupaten Majalengka serta sebagian Kabupaten Sumedang yang kebetulan wilayahnya berbatasan dengan Kecamatan Kadipaten, seperti Kecamatan Tomo, Ujungjaya serta Jatigede.

Bagi mereka, tontonan barongsai hanya bisa dilihat setahun sekali di kala perayaan Imlek atau ada kegiatan khusus yang digelar oleh pihak tertentu. Yang kebetulan pihak manajemen toserba di Kadipaten hampir secara rutin menggelar kesenian barongsai.

Aira dan Anggia asal Ujungjaya mengaku sengaja datang ke pusat perbelanjaan di Kadipaten untuk menonton barongsai. Ia mendapat kabar dari teman sekolahnya, kalau di Kadipaten ada pertunjukan barongsai.

“Saya dua kali menonton barongsai, dua tahun lalu dan sekarang, sama-sama pada perayaan Imlek,” ungkap Aira.

Hal yang sama juga diungkapkan Nela warga Jatigede yang datang bersama keluarganya menggunakan kendaraan roda dua. Dia ingin mengetahui pertunjukan barongsai karena sebelumnya tidak pernah menonton, hanya mengetahui dari tayangan televisi.

Sedangkan Titis dan Rumi mengaku tidak sengaja menonton karena awalnya akan berbelanja ke pasar. Namun mereka melihat kemacetan lalulintas di ruas jalan Kadipaten-Majalengka tepatnya depan toserba hingga akhirnya penasaran melihat tontonan barongsai yang para pemainnya kebanyakan anak-anak.

“Di Majalengka, ngga ada grup kesenian barongsai, makanya jarang ada pertunjukan, itu adanya dari Cirebon, walaupun hampir tiap tahun menonton pertunjukan barongsai, tontonan selalu menarik karena jarang ada,” kata Titis.

Para pengunjung semakin antusias menyaksikan pertunjukan ketika permainan demikian lincah diiringi dengan musik tambur dan simbal. Barongsai yang mengenakan pakaian demikian mencolok berwarna pink dan merah hitam terus meloncat-loncat ke atas serta sesekali membuka mulutnya membuat penonton terbawa riang dan lincah. Sebagian dari penonton berupaya memotret hingga merekam pertunjukan.

Lebih dari satu jam pertunjukan berlangsung, penonton tetap padat. Sebagian keluar masuk toserba untuk berbelanja dan usai berbelanja mereka kembali menonton. Kepadatan pengunjung tak hanya terjadi di areal parkir, juga di dalam pusat perbelanjaan. Antrean di kasir pun memanjang. (Tati/KC Online)