KUNINGAN, (KC Online).-

Dari masa ke masa Madrasah Ibtidaiyah (MI) PUI Kuningan terletak di Jl Syeh Maulana Akbar itu selalu berbenah diri, baik dalam peningkatan mutu pendidikan akademik maupun pembangunan fisik, apalagi lembaga pendidikan Agama Islam yang satu ini memiliki program unggulan dibidang tahfidz quran.

Program unggulan tahfidz quran dengan metode Ummi ini lebih cepat untuk dihafalankan dalam membaca al-quran dengan mudah dimengerti oleh para siswa. Oleh sebab itu, MI PUI Kuningan sempat mewisuda sebanyak sebanyak 75 siswa tahfid quran dengan disaksikan langsung oleh tua mereka, berlangsung di sekolah setempat, beberapa waktu lalu. Tidaklah heran apabila sekolah agama yang memiliki banyak pelajaran ekstra kurikuler itu belakang ini diserbu calon siswa yang datang dari berbagai kecamatan di Kab. Kuningan.

“Mungkin penerimaan siswa baru tahun pelajaran 2019-2020 mendatang akan dibatasi mengingat ketersediaan ruang kelas belum bisa menampung siswa secara maksimal. Oleh karena itu, calon orang tua siswa harap menjadi maklum serta memahami akan keterbatasan ruang kelas tersebut,” kata Kepala MI PUI Kuningan, Sun’an, melalui Wakasek, Otong Nuryamin, Jumat (8/2/2019).

Sekolah bernuansa Islami yang memiliki sebanyak 202 siswa itu akan tetap konsisten dalam mewujudkan pendidikan sesuai motto sekolah yakni, bangkit bersama untuk menciptakan generasi qurani dalam rangka meningkatkan iman dan takwa terhadap Allah Swt.

Sebagai mana prestasi yang sempat diraihnya antara lain, sebagai juara pertama membaca, menulis dan menghitung (Calistung) tingkat kecamatan dan juara satu MIPA tingkat Kabupaten Kuningan.

Sedangkan prestasi non akademik yang sempat diraihnya, juara umum pencak silat tingkat kabupaten 2018 lalu, juara satu tahfidz quran dua tahun berturut-turut dan juara kaligrafi kabupaten.

“Selain memiliki program unggulan dibidang tahfidz quran, MI PUI Kuningan banyak memiliki matapelajaran ekstra kurikuler yang patut dibanggakan. Antara lain, olahraga ilmu beladiri Perguruan Silat Bima Suci, tahsin quran, pramuka, bahasa Ingris, bahasa Arab dan MIPA. Alhamdulillah, lulusan MI PUI Kuningan banyak melanjutkan ke SMP maupun MTs dan banyak yang menjadi juara di sekolah bersangkutan,” tutur Otong.

Adapun kiat-kiat memajukan dunia pendidikan di MI PUI Kuningan misalnya, mengikutsertakan guru para guru untuk mengikuti berbagai pelatihan agar meiliki tenaga pengajar yang berkualitas sehingga akan tetap istiqomah dalam menjalankan program kegiatan sejalan dengan visi misi sekolah dan lain-lain.

Memasuki tahun pelajaran baru mendatang, mengingat banyak peminat untuk menyekolahkan ke MI PUI Kuningan, maka sekolah harus mempersiapkan kendaraan untuk antar jemput bagi siswa. Terutama bagi siswa yang berdomisili di luar kecamatan Kuningan. Sedangkan harapan sekolah ke dapan, mencetak generasi yang mencintai alquran dan berakhlak qurani. (Emsul/KC Online)