Kepala MTs Ma'arif Cikedung Maja, H.E.Afief Alfiana dalam sambutan pemberangkatan pasukan pramuka pecinta alam di lapangan MTs Ma'arif Cikedung Kecamatan Maja. Belum lama ini. Jejep/KC Online

MAJALENGKA,(KC Online).-

Pendidikan merupakan proses pembentukan karakter bagi peserta didik. Hal itulah yang dilakukan Madrasah Tsanawiyah Ma’arif Cikedung, Kecamatan Maja dalam pelaksanaan proses pendidikannya melalui kegiatan intrakurikuker dan ekstrakurikuler di sekolahnya.

Penegasan itu disampaikan Kepala MTs Ma’arif Cikedung Maja, H.E.Afief Alfiana dalam sambutan pemberangkatan pasukan pramuka pecinta alam di lapangan MTs Ma’arif Cikedung Kecamatan Maja.

Dia mengatakan, lembaganya saat ini konsentrasi dalam pembelajaran aktif sebagai upaya menggali kreativitas dan potensi anak didiknya sebagai bekal kehidupan di masa mendatang.

“Anak didik kami terus diberikan kebebasan berkreasi yang positif, untuk mengikuti kegiatan pembelajaran baik intrakurikuler maupun ekstrakurikuler sebagai bekal dalam menghadapi perkembangan zaman di masa datang,” ucapnya, belum lama ini.

Dia berharap, lembaga yang dipimpinnya bisa mewujudkan lembaga pendidikan yang berkualitas, diterima dan memberikan manfaat bagi masyarakat.

Pembina Pramuka MTs Maarif Cikedung Maja, Aan Subarhan mengapresiasi dukungan dari berbagai pihak. “Dorongan dan dukungan pimpinan, tentunya menjadi motivasi kami dalam memberikan yang terbaik untuk para murid,” katanya.

Aan menjelaskan, Pramuka harus terus dikembangkan yang tujuannya membangun karakter siswa dan menanamkan semangat keagamaan dan nasionalisme di dalam jiwa siswa.

“Di Pramuka ini, kami harapkan tumbuhnya karakter dan nilai-nilai keagamaan serta nasionalisme dalam diri melalui berbagai aktivitas,” tambahnya.

Dia mengatakan, tujuan kegiatan tersebut agar tertanam karakter kebersamaan, petualangan, cinta sesama, dan lingkungan.

“Kegiatan yang berlangsung selama dua hari ini, tentu tertanam dalam diri anak nilai-nilai mulia yang diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari seperti nilai kerjasama, cinta sesama, cinta lingkungan dan nilai perjuangan dalam mencapai tujuan hidup yang mulia,” katanya.

Ketua Panitia Pramuka Pecinta Alam, Bayu Eka Ramadhan mengungkapkan, kegiatan tersebut digelar setiap tahun sebagai salah satu tahap seleksi Dewan Penggalang (DP) Pramuka di MTs Ma’arif Cikedung Maja.

“Setiap tahun menjelang pergantian DP memang sekolah kami mengadakan tahapan seleksi dan tahapan Pramuka pecinta alam. Ini merupakan salah satu tahap yang harus dilalui oleh calon DP sebelum mereka dinyatakan lulus,” ungkapnya.

Bayu menjelaskan, pada kegiatan yang diadakan selama dua hari di Kompleks Hutan Pinus Cipicung Maja ini, para peserta akan dites tentang berbagai kemampuan kepramukaan seperti membaca peta, pionering, PBB, sketsa panorama, menaksir dan tentunya ketahanan fisik.

“Selama dua hari peserta akan kami tes tentang pengetahuan dan kemampuan kepramukaanya. Sambil jalan-jalan dan rekreasi, para peserta harus melalui berbagai macam tes di pos masing-masing,” jelasnya.(Jejep/KC Online)