ANGGOTA DPRD Kabupaten Cirebon, Suherman (kanan) memberikan kata sambutan dalam acara Musrenbang tingkat Kecamatan Karangsembung, Rabu (6/2/2019). Supra/KC Online

KARANGSEMBUNG, (KC Online).-

Kondisi jalan yang baik merupakan dambaan seluruh masyarakat, namun kondisi jalan yang memprihatinkan terjadi di antara jalan Desa Tambelang hingga Desa Kubangkarang, Kecamatan Karangsembung Kabupaten Cirebon.

Menurut Kaur Umum Desa Karangmekar, kecamatan setempat, Juju Juhari, kondisi yang memprihatinkan sudah terjadi sekitar satu tahun lalu dan hingga kini belum dilakukan perbaikan.

“Jalan tersebut urat nadi aktivitas masyarakat, petani dan anak sekolah. Maka, perlu segera dilakukan perbaikan,” katanya usai acata Musrenbang tingkat kecamatan setempat, Rabu (6/2/2019).

Staf Kecamatan Karangsembung, Aksan menjelaskan, Musrenbang tahun ini untuk realisasi 2020 dan sebagian besar untuk fisik, di antaranya pemadatan dan cor beton. “70 persen untuk perbaikan fisik dan sisanya, pembinaan dan bidang lainnya,” jelas Aksan.

Masih dikatakan Aksan, Pagu Indikatif Kecamatan (PIK) kisaran Rp 1,5 miliar dan sebagaian besar untuk pembenahan infrastruktur. “Khususnya jalan yang menjadi prioritas untuk pembenahan. Alangkah baiknya, bila yang mengerjakan dari kecamatan, bukan rekanan,” pintanya.

Sementara itu, anggota DPRD Kabupaten Cirebon, Suherman mengungkapkan, penyusunan maupun pelaksanaan anggaran harus benar-benar memperhatikan prinsip efektif dan efisien. “Usulkan pagu anggaran harus mengacu pada kebutuhan, yang benar-benar yang dibutuhkan,” ungkap pria yang biasa dipanggil Anger ini.

Ketua Komisi III ini mengharapkan, rancangan yang tertuang dalam Musrenbang dapat terlaksana seluruhnya. “Marilah kita bersama mengawasi program yang tertuang dalam Musrenbang,” ajak politisi PDI Perjuangan ini. (C-12)