PETUGAS Inafis Polres Indramayu di lokasi kejadian langsung melakukan olah tempat kejadian perkara di tempat bocornya pipa distribusi minyak mentah milik Pertamina EP Asset 3 Jatibarang Field di Desa Ujungjaya, Kecamatan Widasari, Rabu (13/2/2019). Udi/KC Online

INDRAMAYU, (KC Online).-

Pipa distribusi minyak mentah milik Pertamina EP Asset 3 Jatibarang Filed mengalami kebocoran di Desa Ujungjaya, Kecamatan Widasari, Kabupaten Indramayu, Rabu (13/2/2019).

Akibat kebocoran tersebut, areal pertanian sawah di sekitar lokasi kejadian terkena dampak ceceran minyak mentah.

Kendati begitu, pihak Pertamina langsung melakukan pembersihan di sekitar lokasi.
Peristiwa bocornya pipa distribusi minyak mentah ini diketahui salah satu warga setempat bernama Karni. Saat kejadian dia tengah melintas di sekitar lokasi melihat semburan minyak mentah setinggi lima meter dari lokasi bocornya pipa.

Mengetahui kejadian tersebut, lalu Karni langsung melaporkan pada petugas Kepolisian dan Pertamina untuk segera ditangani agar tidak membesar.

Menurut Karni, semburan itu berawal terdengarnya suara keras yang disusul asap hitam setinggi lima meter. Semburan itu kemudian sempat mereda, namun kembali memuntahkan semburan besar setinggi 5 meter.

“Waktu kejadian tidak ada warga. Penyababnya saya tidak mengetahui dan yang saya tahu hanya semburan itu. Selanjutnya saya minta tolong ke orang yang lewat untuk lapor pihak Pertamina,” kata Karni.

Bahkan dia juga menjelaskan, setelah melaporkan tak berapa lama beberapa anggota satpam datang ke tempat tersebut bersama petugas Pertamina. Petugas ini lantas menangani kejadian tersebut. “Satu jam kemudian berhasil ditangani oleh Pertamina. Di tempat itu ada 4 baris, sebelumnya tidak pernah ada bocoran tetapi sekarang muncratnya ke sawah dan pohon mangga,” tuturnya.

Sedot minyak

Sementara pihak Pertamina setelah mendapat informasi kebocoran tersebut langsung datang ke lokasi kejadian. Bahkan petugas teknisi khusus dengan cepat menutup pipa yang bocor tersebut menggunakan klaim besi.

Selain itu, petugas yang datang juga langsung melakukan sterilisasi dilokasi kejadian, serta melakukan penyedotan minyak yang tercecer di areal pertanian.

Perihal tersebut dibenarkan Formalities Staf PT Pertamina EP Asset 3 Jatibarang Field, Renita Yulia.

“Iya betul ada pipa kita yang bocor tapi saat ini sudah diatasi dan keluaran minyak juga sudah dilakukan pembersihan di sekitar lokasi. Pipa minyak,” kata dia melalui pesan singkat WhatsApp.

Hingga saat ini belum diketahui penyebab bocornya pipa distribusi minyak mentah tersebut. Bahkan tim gabungan dari Polres Indramayu dan Pertamina masih menyelidiki penyebab kebocoran. Sementara akibat kejadian ini kerugian belum dapat ditaksir. Udi/KC Online