LOKASI kebakaran di area sekitar Main Gathering Station (Pusat Pengumpul Produksi) dalam area Oil and Gas Transportation (OGT) milik PT Pertamina EP Asset 3 di Desa/Kecamatan Balongan, Kabupaten Indramayu yang berhasil dipadamkan, Selasa (4/2/2019). Udi/KC Online

INDRAMAYU, (KC Online).-

Kebakaran yang terjadi di area sekitar Main Gathering Station (Pusat Pengumpul Produksi) dalam area Oil and Gas Transportation (OGT) milik PT Pertamina EP Asset 3 di Desa/Kecamatan Balongan, Kabupaten Indramayu berhasil dipadamkan, Senin (4/2/2019) kemarin.

Sejumlah karyawan Pertamina berhasil memadamkan kobaran api tersebut beberapa jam setelah kejadian atau sejak diketahui dari pukul 09.40 WIB dan berhasil dipadamkan pada pukul 10.15 WIB.

Asmen LR Pertamina Aset 3, Rizki Vistiary kepada wartawan membenarkan kejadian itu. Menurut dia, penyebab dari peristiwa kebakaran belum diketahui kepastiannya dan pihaknya masih melakukan investigasi. Dan kini, kata dia, kebakaran tersebut sudah berhasil dipadamkan dan tak sampai mengganggu aktivitas pekerjaan di lokasi tersebut.

“Kebakaran tidak sampai mengganggu produksi maupun pengiriman minyak. Kini sudah berjalan normal, ” katanya.

Dia menjelaskan, kebakaran terjadi di sekitar area boiler MGS. Area tersebut merupakan stasiun pengumpul produksi minyak mentah. Kebakaran yang terjadi mulai pukul 09.40 WIB itu berhasil dipadamkan pukul 10.15 WIB. Ada enam mobil pemadam kebakaran dari MOR 3, RU VI, dan EP yang diterjunkan ke lokasi.

” Saat ini lokasi sudah kondusif dan masyarakat diimbau untuk tidak mendekati lokasi sesuai dengan aspek HSSE serta demi keamanan dan keselamatan masyarakat. Tidak ada korban jiwa dalam insiden yang terjadi.

Bahkan kKejadian tersebut tidak mengganggu operasional MGS Balongan Asset 3 Pertamina EP secara keseluruhan dan tidak mempengaruhi operasional kilang RU-VI Balongan, TBBM Balongan, serta Depot LPG Balongan,” terangnya.

Turunkan Tim

Hal yang sama pula akan dilakukan Polres Indramayu. Pihak Polres setempat akan menurunkan timnya untuk melakukan investigasi terkait terjadinya kebakaran di instalasi boiler milik PT. Pertamina EP Asset 3 tersebut.

Investigasi dari Kepolisian Resor Indramayu ini dipimpin langsung oleh Kasatreskrim Polres setempoat Ajun Komisaris Suseno Adi Wibowo. Bahkan tim investigasi ini akan menyelidiki penyebab terjadinya kebakaran pada instalasi boiler yang ada di MGS Balongan milik pertamina tersebut.

Perihal tersebut dibenarkan Kapolres Indramayu Ajun Komisaris Besar M Yoris Marzuki usai melakukan peninjauan kejadian itu. Menurut Yoris, Kepolisian masih melakukan penyelidikan terkait terjadinya peristiwa kebakaran tersebut.

Nantinya, lanjut dia, tim juga akan memintai keterangan terhadap sejumlah saksi yang melihat langsung terjadinya kebakaran itu.

“Kita melakukan pengecekan kebakaran terjadi di daerah ruang boiler. Boiler itu adalah pemanas yang berfungsi memindahkan minyak ke kapal. Hasil dari kerusakan tersebut dampaknya memang tidak berdampak tak terpengaruh apa-apa, baik mesin maupun minyak semuannya aman tidak ada terbakar sama sekali.
Namun dari sekitar itu ada hal yang akan kita lakukan olah TKP dan investigasi bersama dengan dari Pertamina EP Balongan ini, ” ucap Yoris.

Nanti, lanjut dia, pihaknya akan meminta keterangan dari beberapa saksi-saksi yang terutama melihat kejadian tersebut. ” Meski begitu masih kita pelajari lagi kebakaran itu diakibatkan oleh apa. Tidak ada korban maupun kerugian materil, ” katanya.(Udi/KC Online)