PAC Pemuda Pancasila Jatibarang Kabupaten Indramayu turut hadir dalam perayaan tahun baru China 2570 atau Imlek 2019, Selasa (5/2/2019). Cipyadi/KC Online

JATIBARANG, (KC Online).-

Pimpinan Anak Cabang (PAC) Pemuda Pancasila Kecamatan Jatibarang Kabupaten Indramayu turut hadir dalam perayaan tahun baru Imlek di kediaman Bendahara PAC PP Jatibarang Sarino, Selasa (5/2/2019).

Pada perayaan pergantian tahun baru China 2.570 itu, PAC PP Jatibarang mengajak semua pihak untuk tetap menjaga persatuan dan kesatuan bangsa dalam kerangka Bhinneka Tunggal Ika. Ajakan itu disampaikan langsung Ketua PAC Pemuda Pancasila Kecamatan Jatibarang Hadi Suprapto SE MM.

“Kami mengajak semua pihak untuk senantiasa menjaga dan mengamalkan Pancasila dan kebhinnekaan di Jatibarang dengan tidak membeda-bedakan agama, suku, maupun golongannya,” ungkap Hadi Suprapto.

Pria yang juga merupakan Pendiri Rumah Bhinneka Tunggal Ika itu menambahkan perayaan Imlek yang diselenggarakan setiap tahunnya digelar agar Pancasila, kebhinnekaan, persaudaraan antar pengurus dan anggota Pemuda Pancasila Kecamatan Jatibarang tetap terpelihara dengan baik.

Apalagi Jatibarang merupakan nusantara kecil di bumi Wiralodra yang masyarakatnya hidup rukun berdampingan meski memiliki keberagaman suku, agama, ras dan antargolongan.

“Inilah pengamalan Pancasila yang sesungguhnya. Dengan tetap menjaga kebhinnekaan dalam persaudaraan. Sebagaimana diamanatkan Ketua MPC Pemuda Pancasila Indramayu H Daniel Mutaqien Syafiuddin,” tutur Hadi.

Pada momentum ini, lanjutnya, Pemuda Pancasila Jatibarang juga mengajak semua pihak untuk tetap menjaga dan mengamalkan Pancasila sebagai landasan ideologi, falsafah, etika moral serta alat pemersatu bangsa, dan Undang Undang Dasar 1945 sebagai landasan konstitusional, Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) sebagai konsensus yang harus dijunjung tinggi, serta Bhinneka Tunggal Ika sebagai kekayaan bangsa dan modal untuk mempersatukan seluruh elemen bangsa.

Menurutnya, di tengah era modern saat ini ancaman memecah persatuan dan kesatuan dapat dengan mudah disebarkan melalui genggaman. Berbagai informasi dapat disebarkan melalui gadget dan menyebar melalui jejaring sosial.

Namun sebagai masyarakat cerdas yang bertugas sebagai pengawal dan pengamal Pancasila, maka Pemuda Pancasila harus lebih selektif dalam menerima informasi. Sebab hoaks dan ujaran kebencian yang bertebaran, berpotensi menjadi ancaman serius jika tidak disikapi dengan bijak.

Pengurus dan anggota PP Jatibarang juga mendoakan pengurus yang merayakan Imlek agar pada tahun ini dapat meraih kesuksesan yang lebih baik dibandingkan tahun sebelumnya. Doa ini juga sekaligus sebagai harmoni Bhinneka Tunggal Ika yang terwujud dalam tubuh Pemuda Pancasila Jatibarang.

“Gong xi fa cai. Semoga Imlek 2019 membawa rejeki yang berlimpah, kesuksesan, serta kesehatan yang baik, dan kebahagiaan sepanjang tahun,” harapnya. (Cipyadi/KC Onlie)