CEREMONI pelepasan balon, sebagai ucap syukur atas raihan prestasi yang diperoleh SMPN 1 Kramatmulya. Erix/KC Online

KUNINGAN, (KC Online).-

Sekolah Menengah Pertama Negeri (SMPN) 1 Kramatmulya menjadi sekolah rujukan tingkat nasional. Berbagai terobosan dan prestasi yang dicapai sekolah ini pun mendapatkan perhatian pemerintah pusat.

“Sekarang SMPN 1 Kramatmulya menjadi sekolah rujukan tingkat nasional. Hal ini tidak terlepas dari peran serta pemerintah daerah yang memiliki komitmen untuk menjadikan Kuningan menuju kabupaten pendidikan,” kata Kasubdit Sarana dan Prasarana Direktorat Pembinaan SMP Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Firdaus Yunidata saat peresmian pembangunan gedung dari dana bantuan revitalisasi, Selasa (12/2/2019).

Dia pun memberikan apresiasi positif untuk sistem pengelolaan SMP di daerah, yang tengah berupaya menjadi kabupaten pendidikan dan berjuang untuk menggapai prestasi tingkat nasional.

“Kami berharap prestasi ini senantiasa berlanjut dan terus dikembangkan, serta memelihara dengan baik apa yang sudah ada,” katanya.

Bupati Kuningan, H. Acep Purnama, mengemukakan, pendidikan merupakan modal dasar kehidupan berbangsa dan bernegara. Karena dari sinilah peranan setiap sekolah bisa memperhatikan berbagai indikator pendukung. Mulai dari para guru dan lingkungannya, berupaya menciptakan situasi yang bikin anak betah, nyaman dan aman dalam mengikuti proses belajar mengajar.

“Sekolah yang sudah masuk rujukan kriteria nasional harus ditunjang dengan sistem dalam etos kerja pengelolaan sekolah. Begitu juga untuk sekolah yang lainnya agar dapat termotivasi supaya terus berbenah ke arah yang lebih baik,” katanya.

Kepala SMPN 1 Kramatmulya, Pipin Mansyur Arifin, mengungkapkan rencananya untuk menjadikan sekolah ini sebagai sarana wisata edukasi, sehingga siswa dapat belajar dengan penuh keakraban, nyaman dan bersahabat dengan lingkungan.

“Tapi tetap menyesuaikan dengan perkembangan zaman terutama teknologi,” ujarnya.(Erix/KC Online)