WAKIL Bupati Majalengka Tarsono D Mardiana bertanding tenis meja dengan Ketua Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Cabang Majalengka, dr. Hj. Erni Harleni dalam rangka Hari Pers Nasional (HPN) 2019. Jejep/KC Online

MAJALENGKA,(KC Online).-

Wakil Bupati Majalengka Tarsono D Mardiana mengharapkan pers dapat menjadi wadah untuk menciptakan situasi Pemilu 2019 yang aman, damai, demokratis, jujur dan adil.

Harapan itu disampaikan saat memberikan sambutan dalam pembukaan tenis meja antar perwakilan organisasi perangkat daerah (OPD) dan wartawan di Aula Kantor Kecamatan Majalengka, kemarin.

Lomba tenis meja bekerjasama dengan Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Cabang Majalengka. Rangkaian kegiatan HPN sendiri diisi dengan pemotongan tumpeng yang diberikan kepada wartawan senior dan junior di PWI Majalengka. Usai itu, lomba karaoke antar wartawan dan domino.

Masih dijelaskan Wabup, momentum pesta demokrasi ini saya berharap pers dapat berpartisipasi dalam rangka meningkatkan partisipasi pemilih, tetap independen dan berkarya untuk membawa kemaslahatan dan kebaikan bersama.

“Dewasa ini peran dan fungsi pers sangat penting dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. Oleh sebab itu, seluruh pelaku media harus profesional dalam menjalankan tugas jurnalistiknya,” paparnya.

“Sebagai pilar keempat demokrasi, pers memiliki fungsi kontrol sosial, menjadi mata, telinga, penyambung lidah antara rakyat, dan pemerintah,” katanya.

Ketua Panitia HPN 2019, Mohamad Abduh Nugraha, didampingi Sekretaris Panitia, Hasannudin, mengatakan, rangkaian kegiatan HPN 2019 yang sudah dilaksanakan antara lain sosialisasi jurnalistik bersama para mahasiswa, para kepala desa dan guru. Kemudian pemotongan tumpeng, lomba tenis meja, lomba karaoke, dan lomba domino.

“Ada satu agenda besar yang belum kami laksanakan yakni malam anugerah HPN Awards 2019 dan itu diberikan kepada para tokoh yang dinilai telah memberikan kontribusi positif dan manfaat bagi Kabupaten Majalengka,” kata Abduh.

Dia berharap, perayaan HPN 2019 dapat disambut dengan suka cita semua insan pers di Kabupaten Majalengka. HPN merupakan ulang tahunnya para wartawan. “HPN saat ini melibatkan seluruh elemen masyarakat Majalengka. Pers tanpa dukungan dan partisipasi aktif masyarakat tidak ada artinya,” paparnya.

Hari Pers Nasional diperingati setiap tahunnya pada tanggal 9 Februari, bertepatan dengan hari lahir Persatuan Wartawan Indonesia (PWI), yakni 9 Februari 1946. Keputusan Presiden Nomor 5/1985 mensahkan tanggal tersebut sebagai peringatan Hari Pers Nasional. (Jejep/KC Online)